Rabu, 13 Mei 2009

TAK KUTEMUKAN

Belum kutemukan, kawan!
Aku sudah mencarinya,,,
Di kolong jembatan bahkan di kolong tempat tidur
Di taman kota sampai taman depan sekolah
Di sungai-sungai sampai got dan parit-parit
Tetapi tak kutemukan, kawan!

Jika Peterpan dapat bertanya kepada malam
Jika Ebiet dapat bertanya pada rumput yang bergoyang
Aku bertanya pada siapa?
Tak ada yang mau beriku jawaban
Tak juga teman apalagi lawan,,,

Seharusnya aku tidak sendiri
Tetapi apa daya
Aku merasa sepi walau beribu orang di sekitarku
Tetapi apa daya
Aku merasa gaduh walau tak ada seorang pun di sekellilingku

Seharusnya aku tidak sendiri
Tetapi apa daya
Semua pergi
Semua punya kesibukan sendiri
Semua punya urusan sendiri

Seharusnya aku tidak sendiri
Tetapi aku tak punya teman
Tetapi aku tak punya kawan
Bahkan lawan pun enggan
Bahkan musuh pun menjauh

Seharusnya aku tidak sendiri
Tetapi pada kenyataannya
Aku sendiri
Dan aku menikmati kesendirianku
Dalam kekosongan
Hingga ku tak dapat menemukan

Ketidaktahuan bukanlah sebuah dosa, kawan!
Ketidaktahuan memang kelemahan ku
Ketidaktahuan memamg kekurangan ku
Tetapi aku menyadarinya
Tetapi aku mengakuinya
Tetapi aku tidak menyembunyikannya

Biar semua orang tahu akan kekuranganku
Biarlah………….
Kekurangan tak lantas harus ditutup-tutupi
Tetapi harus dihadapi 

Biarlah semua kawan
Biarlah semua teman
Biarlah semua sobat
Mencaci kelemahanku
Mempermasalahkan kekuranganku
Dan akhirnya pergi meninggalkanku
Tetap tak kutemukan

Apa yang kucari…..
Terserak di lorong-lorong gelap
Terserak di luasnya pelataran mayapada
Terserak antara timur dan barat
Utara dan selatan

Apa yang kucari…..
Bagai fatamorgana
Yang kemudian hilang
Kemudian muncul kembali

Aku mau berubah
Seperti ulat yang buruk rupa
Menjadi kupu-kupu yang cantik jelita
Tetapi itu membutuhkan waktu yang lama
Perubahan itu tak lantas semudah mengedipkan mata
Tak lantas semudah membalik telapak tangan
Tak lantas semudah menghembuskan nafas

Tetapi tak kutemukan
Tetap tak kutemukan
Tak kutemukan dalam kesendiriankku
Ataupun dalam kegaduhanku

Tak kutemukan, Kawan!

Avicenna_project

Tidak ada komentar:

Posting Komentar